Tips Membuat Ikan nila bakar sambal dabu-dabu Sempurna

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Ikan nila bakar sambal dabu-dabu. Anda sedang mencari ide resep ikan nila bakar sambal dabu-dabu yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ikan nila bakar sambal dabu-dabu yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita. Assalamu'alaikum Hey teman-teman terimakasih sdah mendukung channel aku. Siang ini saya akan memasak ikan nila sambal dabu-dabu,sayur bening. Sambal dabu dabu ini cocok sebagai pelengkap masakan jenis ikan goreng dan ikan bakar atau aneka seafood, seperti ikan nila, ikan tongkol, ikan kembung, dll.

Ikan nila bakar sambal dabu-dabu Ikan Bakar Sambal Dabu-dabu Grilled fish or Ikan bakar is very popular in Indonesia, especially in Sulawesi and Maluku where most of the people work as the seaman/fisherman. Ikan bakar sambal dabu-dabu is a speciality from Gorontalo (Nothern Sulawesi), which is grilled fish served with special chillies salad called 'sambal dabu-dabu'. Resep Masakan Ikan Bakar Rica Sambal Dabu - Seperti daerah-daerah lainnya yang ada di penjuru nusantara, Manado pun memiliki sajian pedas, sedap dan gurih dari sajian masakan khas bahari berupa ikan bakar rica. Anda bisa membuat Ikan nila bakar sambal dabu-dabu menggunakan 16 bahan dan 7 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Ikan nila bakar sambal dabu-dabu

  1. sediakan 3 ekor ikan nila.
  2. Anda perlu minyak sayur.
  3. sediakan secukupnya kecap.
  4. sediakan secukupnya margarin.
  5. Anda perlu 10 cabe rawit,.
  6. sediakan 2 siung bawang merah.
  7. Anda perlu 1 butir tomat.
  8. siapkan jeruk nipis.
  9. siapkan secukupnya garam.
  10. sediakan secukupnya gula.
  11. sediakan bumbu halus:.
  12. sediakan 4 siung bawang putih.
  13. siapkan 1 cm kunyit.
  14. Anda perlu 1 sdm ketumbar.
  15. Anda perlu 3 butir kemiri.
  16. Anda perlu secukupnya garam.

Masakan ikan ini menggunakan ikan kembung banjar sebagai sajian utamanya dan disajikan dengan pelengkapnya yang tidak pernah terpisah berupa sambal dabu-dabu pedas gurih. Setelah sekian lama akhirnya posting resep masakan lagi. Maklumlah kalau angin malas sedang menerpa, mau buka laptop aja suka malas, apalagi nulis blog. Jadi jangan kaget kalau sekalinya nge-blog langsung bisa posting beberapa tulisan.

Cara membuat Ikan nila bakar sambal dabu-dabu

  1. Cuci dan bersihkan ikan, kucuri air jeruk nipis, diamkan sebentar, lalu bilas..
  2. Ulek semua bumbu halus, lalu balurkan ke ikan hingga merata, diamkan selama 30 menit agar bumbu meresap..
  3. Goreng ikan hingga setengah matang, jangan sampai terlalu kering, angkat dan tiriskan..
  4. Sementara menggoreng ikan, kita siapkan bumbu bakar olesnya: campur kecap manis dengan margarin hingga merata..
  5. Bakar ikan di atas bara api/teflon, olesi dengan bumbu oles sampai merata, bolak balik sampai ikan matang..
  6. Sambal dabu-dabu: iris tipis cabe rawit dan bawang merah. iris dadu tomat. campurkan semuanya dalam mangkok, beri garam dan gula. Lalu kucuri dengan air jeruk nipis sedikit dan siram dengan minyak panas, aduk rata..
  7. Ini asli enak dan seger banget.. anak dan suami doyaaan...

Bumbu dan cara membuat sajian sambal ini begitu khas, begitu pula dengan penyajiannya yang merupakan pelengkap dari ikan bakar, goreng, atau hidangan seafood. Ditemani pemandangan indah kota Manado, hidangan yang disertai sambal dabu-dabu mampu membangkitkan selera makan Anda. Setelah ikan matang, sirami ian dengan air jeruk nipis dan bakar kembali sebentar sampai ikan agak mengering. Sajikan ikan diatas piring bersama dengan sambal dabu-dabu yang dibuat dari bahan sambal yang diaduk merata tadi. Hidangan ini akan terasa lebih lezat dinikmati dengan nasi hangat.