Resep: Nasi Bakar Tutug Oncom Sempurna

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Nasi Bakar Tutug Oncom. Sedang mencari ide resep nasi bakar tutug oncom yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi bakar tutug oncom yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita. Nasi bakar Oncom atau Tutug Oncom. Di Malaysia gak ada oncom jd ini. Di Tasikmalaya, nasi tutug oncom atau TO ini menjadi menu primadona oleh para pecinta kuliner tradisional.

Nasi Bakar Tutug Oncom Nasi campur oncom khas Sunda ini biasanya disajikan dengan lalapan, sambel, dan lauk seperti tahu/tempe goreng, ikan asin, atau ayam goreng. Nasi tutug oncom or sometimes simply called tutug oncom, is an Indonesian style rice dish, made of rice mixed with oncom fermented beans, originally from Tasikmalaya, West Java. It is usually wrapped in banana leaves and served with various side dishes. Anda bisa memasak Nasi Bakar Tutug Oncom menggunakan 14 bahan dan 5 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Nasi Bakar Tutug Oncom

  1. sediakan Bahan A :.
  2. sediakan Nasi Secukupnya (saya pakai cetakan nasi/mangkok kecil).
  3. Anda perlu penyedap/garam (sesuai selera).
  4. sediakan 1 Sendok teh margarin.
  5. Anda perlu Bahan Tutug Oncom :.
  6. siapkan 1 papan Oncom.
  7. Anda perlu 4 bawang putih.
  8. siapkan 3 bawang merah.
  9. Anda perlu 2 ruas cikur/kencur.
  10. siapkan secukupnya daun kemangi.
  11. Anda perlu 6 cabai/cengek (bisa skip).
  12. sediakan 1 gula merah.
  13. sediakan garam.
  14. Anda perlu penyedam (royko).

Lihat juga resep Nasi TO (tutug Oncom) enak lainnya! Nasi tutug oncom Bandung banyak disajikan resto maupun warung sederhana. Karena rasanya yang lezat makanan ini digemari oleh banyak kalangan. Agar memperoleh rasa nasi yang enak, beras yang dipilih sebagai bahan baku haruslah beras yang pulen dan berkualitas baik.

Cara memasak Nasi Bakar Tutug Oncom

  1. Campurkan bawang merah,bapur,cikur,cabai, dan gula merah lalu ulek sampai lembut..
  2. Setelah lembut masukan oncom sedikit2 lalu ulek sampai hancur..
  3. Oseng oncom yang sudah diulek dengan bumbunya, tambahkan minyak sedikit lalu tambahan air sedikit aja, beri garam, penyedap rasa lalu koreksi rasa,terakhir masukan daun kemangi hingga layu dan oncom sampai kecoklatan..
  4. Setelah matang, dan sudah suhu ruangan saya masukan ke toples untuk stock jualan nasi bakar tutug oncom, bisa bertahan 1 minggu didlm kulkas..
  5. Campurkan nasi,margarin dan garam, lalu tambahkan 1 sendok oncon yg sudah matang, aduk2 koreksi rasa. Siapkan daun pisang yang sudah di jemur/bakar ya biar lentur. saya bakarnya pakai teflon.

Nasi tutug oncom, served with ayam bakar, tahu and tempe goreng also lalab vegetables. Nasi Tutug Oncom merupakan nasi yang diolah bersama dengan oncom yang kemudian di campurkan bersama nasi hingga oncom tercampur rata dengan nasi. Nasi Tutug Oncom jadi menu Sunda yang jadi favorit banyak orang. Yuk, kita coba buat sendiri resep klasik ini. Resep Nasi Tutug Oncom, Nasi Khas Sunda dengan Rasa yang Menggiurkan.