Tips Memasak Ayam bakar kalasan dan sambal terasi jeruk limau Enak

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Ayam bakar kalasan dan sambal terasi jeruk limau. Anda sedang mencari ide resep ayam bakar kalasan dan sambal terasi jeruk limau yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam bakar kalasan dan sambal terasi jeruk limau yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita. Sajian ayam bakar kalasan adalah hidangan ayam yang enak dan mudah untuk dibuat. Hal ini dikarenakan semua bumbu dan bahan yang digunakan untuk membuat sajian ini akan dapat anda jumpai di pasar atau supermarket terdekat. Untuk itu, yuk kita langsung simak saja seperti apa resep membuat ayam bakar kalasan yang enak dibawah ini.

Ayam bakar kalasan dan sambal terasi jeruk limau Ayam bakar kalasan dan sambal terasi jeruk limau Prosesnya Tidak sesimpel yang ada di foto, menggunakan kayu bakar tanpa teplon, muka rasanya panas , but, nggak apa-apa AQ suka mencoba hal baru apalagi yang namanya memasak 😉 terkadang masaknya hancur , terkadang juga benar-benar sesuai prosedur. Pertama, potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai selera dan keinginan. Cuci dan bersihkan ayam dari bulunya menggunakan mensin pencabut bulu ayam lalu cuci lagi dengan air mengalir. Anda bisa membuat Ayam bakar kalasan dan sambal terasi jeruk limau menggunakan 14 bahan dan 12 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat Ayam bakar kalasan dan sambal terasi jeruk limau

  1. siapkan 1/4 Ayam.
  2. siapkan Secukupnya Santan.
  3. sediakan Secukupnya Minyak (Untuk menumis).
  4. siapkan Secukupnya Air Kelapa (Agar Aromanya lebih sedap).
  5. Anda perlu Secukupnya Air (untuk merebus).
  6. sediakan 3 Lembar Daun Salam.
  7. Anda perlu 4 Siung Bawang Merah (Haluskan).
  8. Anda perlu 3 Siung Bawang Putih (Haluskan).
  9. Anda perlu 1/2 Sdt Ketumbar Bubuk.
  10. Anda perlu 1/2 Jinten Bubuk.
  11. siapkan 1 Ruas lengkuas (Haluskan).
  12. Anda perlu 2 Ruas Sereh (Haluskan).
  13. Anda perlu Secukupnya Garam.
  14. siapkan Secukupnya Penyedap.

Ini menjadikan rasa ayam menjadi khas dan berbeda dengan olahan jenis lainnya. Setelah menyusut dan meresap dengan baik, panggang ayam dan oleskan sisa bumbunya hingga merata. Selebihnya, kamu hanya perlu membuat sambal jeruk limau. Selain resep ini, jangan lupa mencoba olahan ayam seperti mie ayam rica, semur ayam suwir, ataupun semur ati ayam.

Langkah langkah membuat Ayam bakar kalasan dan sambal terasi jeruk limau

  1. Rebus Air terlebih dahulu tunggu sampai mendidih.
  2. Lalu tumis Bumbu yang sudah dihaluskan, dan daun salam (tunggu sampai mengeluarkan aroma khas tumisan), Masukkan potongan ayam kedalam tumisan dan diaduk-aduk sampai merata..
  3. Setelah air mendidih, masukkan bumbu yang sudah ditumis dan daging ayamnya.
  4. Masukkan santan, Air kelapa dan penyedap,garam secukupnya.
  5. Lalu masukkan potongan ayam yang sudah dibersihkan, tunggu sampai mendidih dan bumbu benar-benar meresap kedalam daging ayam.
  6. Lalu sisihkan ayam yang sudah direbus, buang airnya, dan ambil rempah-rempah yang tersisa.
  7. Letakkan daging ayam keatas pemanggangan, berhubung saya menggunakan bara api, jadi saya benar-benar bakar ayam diatas bara api..
  8. Diamkan -+ 15 menit lalu di balik lakukan berulang kali sampai ayam bakarnya benar-benar matang.
  9. Sambil menunggu ayam dibakar, siapkan untuk membuat sambal terasinya.
  10. Bahan : 5 cabe merah (haluskan), 4 cabe rawit (haluskan), terasi panggang (haluskan), garam secukupnya, gula merah secukupnya, dan jeruk limau (ambil airnya). Caranya : haluskan semua bahan dan gula merah lalu diberi perasan air jeruk limau..
  11. Angkat ayam bakarnya, kemudian letakkan kedalam piring, tata sesuai selerah, hiasi menggunakan lalapan yang ada.
  12. Ayam Bakar Kalasan Siap Disajikan dan Siap disantap.

Bersihkan ayam sehingga tidak ada lagi bulu halus, kuman, dan kotoran yang menempel. Resep Masakan Ayam Bakar Kalasan Sambal Limau. Menu Ayam Bakar Kalasan ini sangat simpel, namun rasanya luar biasa nikmat. Perpaduan ayam dan bumbu sangat unik sehingga daging ayamnya terasa banget lezatnya. Pas disajikan dengan lalapan dan sambal.