Resep: Opor terong bakar dengan timun keruk Sempurna

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Opor terong bakar dengan timun keruk. Anda sedang mencari ide resep opor terong bakar dengan timun keruk yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal opor terong bakar dengan timun keruk yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita. Resep Opor terong bakar dengan timun keruk. Ini tuh sayur jadul, jamannya alm nini dan datu. Mama yang ngajarin bikin sayur ini, pake santan yang ga dimasak, tapi kepala parutnya disiram air panas dan diperas manual.

Opor terong bakar dengan timun keruk Biasanya kalo mama bikin sayur ini, pasti lauknya ikan gabus/pepuyu bakar pake sambel ala mama, uhhh, rasanya bikin tambah r. Mama yang ngajarin bikin sayur ini, pake santan yang ga dimasak, tapi kepala parutnya disiram air panas dan diperas manual. Biasanya kalo mama bikin sayur ini, pasti lauknya ikan gabus/pepuyu bakar pake sambel ala mama, uhhh, rasanya bikin tambah r. Anda bisa memasak Opor terong bakar dengan timun keruk menggunakan 9 bahan dan 9 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Opor terong bakar dengan timun keruk

  1. sediakan 1 biji terong ukuran sedang.
  2. sediakan 1 biji timun besar atau sedang.
  3. siapkan 2 siung bawang merah ukuran sedang.
  4. siapkan 3 biji cabe keriting (boleh ganti cabe rawit, sesuai selera).
  5. siapkan 1 sdt garam.
  6. siapkan 1/4 sdt penyedap (boleh skip, sesuai selera).
  7. Anda perlu 250 gr kelapa parut (tapi jangan kelapa tua).
  8. siapkan 350 ml air panas.
  9. sediakan 200-250 ml air matang.

Mama yang ngajarin bikin sayur ini, pake santan yang ga dimasak, tapi kepala parutnya disiram air panas dan diperas manual. Biasanya kalo mama bikin sayur ini, pasti lauknya ikan gabus/pepuyu bakar pake sambel ala mama, uhhh, rasanya bikin tambah r. Lihat juga resep Opor Terong Tahu Tempe enak lainnya! Dengan memakai Cookpad, kamu menyetujui Kebijakan Cookie dan Ketentuan Pemakaian.

Cara memasak Opor terong bakar dengan timun keruk

  1. Siapkan terong, timun, bawang merah dan cabe keriting. Aslinya bikinan mama saya itu pake cabe rawit, cuman berhubung perut kurang bersahabat, jadi saya ganti sama cabe keriting biar gak pedes2 amat.
  2. Lalu bakar terong diatas kompor hingga matang. Kalo saya sukanya setengah matang, biar gak lembek.
  3. Kupas bawang merah, lalu ulek kasar bersama cabe keriting.
  4. Siapkan air santan kental hasil perasan pertama yang diperas dengan air panas. Lalu air santan hasil perasan kedua yang diperas dengan air matang biasa (resep aslinya begini, tapi kalo dirasa ribet, boleh ganti santannya dengan santan instan sekitar 3-4bks santan instan cair kemasan kecil, lalu campur dengan air panas) Note : mangkok hijau itu air santan kental perasan pertama, mangkok orange itu air santan perasan kedua.
  5. Masukkan bawang merah yang sudah diulek bersama cabe keriting tadi kedalam air santan perasan kedua (mangkok orange). Lalu aduk2 hingga tercampur rata.
  6. Lalu masukkan air santan kental perasan pertama (mangkok hijau), garam dan penyedap. Aduk2 sebentar, lalu tes rasa pada tahap ini, jika terasa hambar bisa tambahkan sedikit garam.
  7. Kupas terong bakar, lalu potong2 sesuai selera (kupas terongnya sesuai selera ya, mau sampai bersih atau gak juga gakpapa). Lalu masukkan terong tersebut kedalam air santan tadi, kemudian aduk2 agar terong terendam kedalam santan.
  8. Belah timun menjadi 2 bagian, lalu keruk isinya dan campurkan kedalam santan dan terong. Lalu aduk2 agar semuanya terendam kedalam santan.
  9. Dan taraaaa... opor terong bakar dengan timun keruk siap disajikan bersama nasi hangat, sambel dan lauk pauk kesukaan suami dan anak2 😊.

Opor terong bakar dengan timun keruk. Mama yang ngajarin bikin sayur ini, pake santan yang ga dimasak, tapi kepala parutnya disiram air panas dan diperas manual. Biasanya kalo mama bikin sayur ini, pasti lauknya ikan gabus/pepuyu bakar pake sambel ala mama, uhhh, rasanya bikin tambah r. Makan siang pas banget pake ini klo orang banjar kal-sel biasa nya makan ikan peda bakar sayur nya ini sma terong bakarπŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹ ditambah sambal terasi Dengan memakai Cookpad, kamu menyetujui Kebijakan Cookie dan Ketentuan Pemakaian. Terong benar-benar bisa diolah menjadi berbagai masakan.