Resep: Rawon khas jawa timur Sempurna

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Rawon khas jawa timur. Lagi mencari ide resep rawon khas jawa timur yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal rawon khas jawa timur yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita. Rawon Jawa Timur adalah makanan kuliner yang sekarang bisa di jumpai dimana-mana. Memasaknya sedikit ribet karena bumbu dan bahan pelengkapnya banyak. Bagi ibu-ibu yang gemar memasak bisa dicoba resep berikut ini tetapi, kalau mau lebih mudah bisa beli bumbu yang langsung jadi di supermarket.

Rawon khas jawa timur Penambahan bumbu kluwek tak hanya memberi warna hita, melainkan juga rasa legit pada kuah rawon. Idealnya rawon dibuat dari daging sandung lamur atau di dunia kuliner dikenal dengan brisket, yang sedikit berlemak dan enak dimasak lama. Namun, kamu juga bisa menggunakan bagian-bagian lainnya sesuai selera. Anda bisa memasak Rawon khas jawa timur menggunakan 26 bahan dan 7 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Rawon khas jawa timur

  1. Anda perlu 1/4 kg daging sapi has dalam.
  2. sediakan 1/4 kg iga sapi (sy pilih iga yg bagus dan bnyk daging2 nempel).
  3. siapkan Bumbu aromatik :.
  4. sediakan 4 lembar salam.
  5. Anda perlu 4 lembar daun jeruk.
  6. sediakan 2 batang serai ambil putihnya geprek.
  7. Anda perlu 2 ruas lengkuas geprek.
  8. siapkan 3 batang daun bawang.
  9. siapkan Bumbu halus :.
  10. Anda perlu 9 siung bawah merah.
  11. siapkan 5 siung bawang putih.
  12. sediakan 4 butir kemiri.
  13. sediakan 3 ruas jari kunyit (dibakar dulu).
  14. siapkan 2 ruas jahe.
  15. siapkan 2 ruas kencur.
  16. siapkan 1/4 sdt jinten bubuk.
  17. siapkan 1/2 sdt ketumbar bubuk.
  18. siapkan 1/4 sdt lada bubuk.
  19. sediakan 5 buah kluwek (rendam dengan air panas isi kluweknya).
  20. siapkan secukupnya Gula dan garam.
  21. siapkan Pelengkap :.
  22. sediakan Telor asin bebek.
  23. Anda perlu Sambal bawang.
  24. Anda perlu Krupuk udang.
  25. sediakan bawang goreng utk taburan.
  26. Anda perlu Kecambah kecil2 khusus rawon.

Mumpung long weekend, Anda bis berkeasi membuat olahan rawon empal khas Jawa Timur. Keunikan hidangan ini terletak pada sensasi rasa gurihnya yang menggugah selera. Apalagi bila disajikan bersama nasi putih hangat. Berikut Okezone rangkumkan resep lengkap rawon empal yang bisa Anda coba di rumah, seperti dikutip dari.

Cara memasak Rawon khas jawa timur

  1. Cuci bersih daging, rebus dengan metode 5307 (rebus dengan air mendidih 5 menit matikan kompor tutup selama 30 menit lalu nyalakan kompor lg rebus sampai 7 menit) gunanya supaya daging cpt empuk dan ga boros pemakaian gas. Setelah selesai angkat dr rebusan potong bentuk dadu. Air kaldunya jangan dibuang ya nnti disaring trs buat bikin kuah rawonnya..
  2. Haluskan semua bumbu kecuali kluwek (saya pakai food processor) sampai bnr2 halus ya bumbunya, utk kluwek harus direndam dg air panas dulu 30 menit, buang airnya lalu ulek sampai benar2 halus..
  3. Tumis bumbu halus sampai wangi lalu masukkan kluwek yg sudah dihaluskan dan bumbu aromatik (kecuali daun bawang) lalu tumis sampai bnr2 matang (agak kering jgn sampai gosong pake api kecil saja). Masukkan daging yg sdh dipotong dadu lalu tumis sampai daging bewarna hitam semua. Matikan api..
  4. Sambil menumis, panaskan air kaldu rebusan daging dan ditambah air biasa 1.5 liter, tunggu sampai mendidih kemudian masukkan bumbu dan daging yg sudah ditumis, aduk2 lalu biarkan sampai daging makin empuk, tambahkan gula garam boleh juga dikasi penyedap masakan rasa sapi (sy skip). Koreksi rasa..
  5. Masukkan daun bawang yg sudah diiris kecil2 lalu aduk2 kalo rasa sudah sesuai matikan api..
  6. Dalam mangkok tata kecambah kecil2 yg sudah dicuci bersih rendam air hangat sebentar, lalu siram dengan kuah rawon, taburi bawang goreng..
  7. Sajikan dengan telor asin, krupuk udang dan sambal bawang. Bagi yg suka asam2 bisa taburi sedikit jeruk nipis supaya segar. Selamat mencoba 😊.

Serunya lagi, rawon berasal dari Jawa Timur - satu negeri yang penuh dengan makanan enak dan begitu bervariasi. Tidak selalu pedas sebetulnya apa-apa yang datang dari sini dan jelas rawon adalah salah satunya. Bumbu rawon ini pada dasarnya adalah sup daging sapi, tapi yang membuatnya khas adalah tampilan kuahnya yang berwarna hitam gelap. Ya rawon adalah makanan khas dari Jawa Timur. Masakan Indonesia ini berupa daging berkuah hitam sebagai campuran bumbu khas yang menggunakan keluak.