Bagaimana Membuat Ayam Telur Masak Habang Khas Banjar Enak

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Ayam Telur Masak Habang Khas Banjar. Anda sedang mencari ide resep ayam telur masak habang khas banjar yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam telur masak habang khas banjar yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita. Ayam & Telur Masak Habang (otentik khas Banjarmasin) Ibu saya suku Banjar & lahir di salah satu Kabupaten di Kalsel, bapak saya jg setengah Banjar setengah Jawa kelahiran Samarinda. Dan saya pun kelahiran Tanjung Kalsel. Resep Ayam & Telur Masak Habang (otentik khas Banjarmasin).

Ayam Telur Masak Habang Khas Banjar Ayam Masak Habang Khas Banjar Kalimantan Selatan. Telur Masak Habang Khas Banjar Kalimantan Selatan Okey deh karena masakan ayam & telur masak merah khas Banjar ini belum pernah saya buat sebelumnya, jadi cari resep acuan dulu yang sekiranya pas, nah ketemu resep di blognya mba Davika - ayam dan telur masak habang. Anda bisa memasak Ayam Telur Masak Habang Khas Banjar menggunakan 14 bahan dan 3 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat Ayam Telur Masak Habang Khas Banjar

  1. sediakan 1 Ekor Ayam potong.
  2. siapkan 2 Butir Telur Ayam / Bebek Rebus.
  3. Anda perlu 8 Buah Cabe merah Kering.
  4. Anda perlu 5 Siung Bawang Merah.
  5. sediakan 3 Siung Bawang putih.
  6. sediakan 1 Cm Jahe.
  7. sediakan 1 Cm Terasi Bakar.
  8. siapkan 1 Sendok Makan Air Asam Jawa.
  9. sediakan 1 Sendok Makan Gula merah jawa.
  10. sediakan 2 Cm batang Kayu Manis.
  11. siapkan Minyak goreng Secukupnnya.
  12. Anda perlu Secukupnya Garam.
  13. siapkan Secukupnya Penyedap.
  14. siapkan Air Bersih seckupnya.

Hanya saja saya masaknya tidak plek resep mba Vika, he he he sudah saya sesuaikan dengan selera saya juga. Resep ayam masak habang khas Banjar bisa diibaratkan sebagai balado manis dari pulau Borneo. Ayam dimasak dalam bumbu yang berwarna merah pekat yang berasal dari campuran cabai dan gula. Taburi dengan bawang merah goreng dan sajikan dengan nasi hangat.

Langkah langkah membuat Ayam Telur Masak Habang Khas Banjar

  1. Potong2 ayam dan cuci bersih sisihkan terlebih dahulu..
  2. Rebus Cabe merah kering sampai mengembang angkat cuci bersih kemudian haluskan cabe merah yang sudah mengembang dengan bawang merah, putih dan jahe sampai halus..
  3. Panaskan Wajan masukan minyak secukupnya masukan bumbu yang sudah di haluskan tumis sampai harum masukan terasi, guka jawa, air asam jawa dan kayu manis aduk rata masukan ayam beri air secukupnya aduk rata jika ayam sudah agak matang dan air gaak mengering masukan telur tebus garam dan penyedap aduk rata cek rasa. jika air sudah mengering dan mengeluarkan minyak matikan siap di hidangkan..

Lihat juga resep Bumbu masak habang khas banjarmasin enak lainnya! Membuat Masak Habang Ayam: Pertama kita buat bumbu masak habang dulu, karena ini memakan cukup banyak waktu. Buang biji pada lombok merah kering dan rendam pada air panas. Haluskan lombok, bawang, jahe, terasi, air asam dengan menggunakan blender dan air secukupnya agar mudah di blend. Makanan khas orang Banjar, rasanya mantul 🤤😋 enak dimakan bersama nasi kuning *resep bisa dilihat dipostingan saya yg lain* Telur bisa diganti dengan ayam atau pun ikan juga ya, sesuai selera saja 😊 Oh iya masak habang biasanya bisa juga dimakan dengan sayur lodeh dan lontong sayur, rasanya ga k.