Cara mudah Membuat Cacapan Asam Khas Banjar Sempurna

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Cacapan Asam Khas Banjar. Lagi mencari ide resep cacapan asam khas banjar yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cacapan asam khas banjar yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita. Kuliner ini sejenis acar untuk penyedap rasa dan pengundang selera makan. Cacapan Asam Ikan Asin Khas Banjar Kalimantan Selatan. Cacapan atau cocolan asam ini dihidangkan bersama ikan asin goreng dan nasi hangat.

Cacapan Asam Khas Banjar Cacapan asam sendiri terbuat dari olahan ikan yang sekilas mirip seperti sambal ikan. Bedanya, cacapan asam diberi sedikit kuah dengan bumbu Soto ini sudah terkenal di kalangan wisatawan dengan bumbu rempah yang menggoyang lidah. Soto Banjar disajikan dengan telur asing, suwiran. Anda bisa membuat Cacapan Asam Khas Banjar menggunakan 10 bahan dan 4 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat Cacapan Asam Khas Banjar

  1. sediakan 5 siung bawang merah.
  2. sediakan 4 siung bawang putih.
  3. siapkan 2 ruas asam jawa/asam kamal.
  4. Anda perlu Cabe rawit.
  5. sediakan secukupnya Gula pasir.
  6. sediakan secukupnya Garam.
  7. Anda perlu Pelengkap lauk cacapan:.
  8. siapkan Telur itik (bebek)/telur ayam,rebus.
  9. sediakan Ikan asin,ikan bakar(iwak baubar).
  10. Anda perlu Jeruk asam,boleh skip.

Cacapan Asam Ikan Asin Khas Banjar Kalimantan Selatan. Cacapan atau cocolan asam ini dihidangkan bersama ikan asin goreng dan nasi hangat. Makanan yang mempunyai campuran rasa pedas, manis, asam dan gurih ini biasa dijadikan makanan pendamping hampir di setiap jenis kuliner khas Banjarmasin, terutama masakan yang diolah dengan cara digoreng, dibakar, atau diasinkan. Nasi kuning khas Banjar juga biasanya disajikan dengan lauk telang asam manis.

Cara membuat Cacapan Asam Khas Banjar

  1. Siapkan bahan cacapan,telur rebus,ikan asin..
  2. Iris bahan cacapan,rendam asam jawa/asam kamal dengan air panas,peras dan saring,kupas telur rebus,dan goreng ikan asinnya..
  3. Campurkan air perasan asam jawa/asam kamal dan smua bahan cacapan,aduk agar gula dan garam larut,koreksi rasa..
  4. Cacapan Asam Khas Banjar sudah siap disajikan bersama lauk ikan asin dan telur rebus,atau ikan bakar..

Cacapan asam biasa disantap sebagai makanan pendamping (cocolan) saat makan. Biasanya, cacapan asam berisi cincangan buah-buahan yang berasa asam dipadukan dengan bumbu-bumbu berupa garam, bubuk penyedap rasa, cabai rawit, bawang merah, dan asam jawa. Makan cacapan asam dengan cara dicocolkan. Makanan unik ini mesti ada di setiap warung kota Banjarmasin. Ya, apam barabai termasuk makanan khas kota Banjar yang masuk dalam golongan aneka jajanan.