Resep: Ayam betutu Lezat

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Ayam betutu. Sedang mencari ide resep ayam betutu yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam betutu yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita. Betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam atau bebek yang utuh yang berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam. Betutu ini telah dikenal di seluruh kabupaten di Bali. Betutu merupakan jenis makanan tradisional daerah Bali yang bahan mentahnya berupa karkas utuh itik dan ayam.

Ayam betutu This highly seasoned and spiced dish is a popular dish in Bali and Lombok, Indonesia. Nikmati pengalaman makan seru bersama Ayam Betutu Khas Gilimanuk Sudamala Sanur 😘. Khasiat.co.id - Ayam betutu merupakan makanan olahan yang mempunyai bahan dasar atau bahan utama yaitu daging ayam utuh yang didalamnya diberi berbagai bumbu khasnya kemudian. Anda bisa membuat Ayam betutu menggunakan 20 bahan dan 3 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat Ayam betutu

  1. siapkan 1 ekor ayam kampung / bebek ukuran agak besar.
  2. sediakan secukupnya daun singkong rebus (optional).
  3. siapkan Bumbu cincang / iris tipis.
  4. siapkan 25 siung bawang merah iris cincang.
  5. sediakan 8 bawang putih iris cincang.
  6. siapkan 1 ons cabe rawit iris tipis.
  7. sediakan 2 buah cabe merah besar iris tipis.
  8. sediakan 5 butir kemiri sangrai keprek cincang.
  9. sediakan 2 jempol kunyit iris cincang.
  10. siapkan 2 jempol laos iris cincang.
  11. siapkan 2 jempol jahe iris cincang.
  12. sediakan 1 jari kencur iris cincang.
  13. siapkan 2 papan terasi abc bakar cincang.
  14. sediakan 15 btg sereh yg putih keprek cincang.
  15. sediakan 5 lembar daun salam sobek sobek.
  16. siapkan 1 sdm kaldu jamur.
  17. siapkan 100 ml minyak kelapa (jgn di skip) 1liter air.
  18. sediakan secukupnya Gula.
  19. Anda perlu secukupnya Garam.
  20. sediakan secukupnya Air.

Jika termasuk salah satunya, anda bisa mencoba menyajikan ayam betutu. Bumbunya yang meresap serta tekstur daging ayam yang empuk membuatnya jadi lezat. Resep Ayam Betutu, Hidangan Istimewa dari Pulau Dewata. Simpan ke bagian favorit Tersimpan di bagian favorit.

Cara membuat Ayam betutu

  1. Siapkan kwali /wajan besar tuang semua bumbu yg sdh di iris / dikeprek dan di cincang halus 2. Tambahkan garam, bubuk kaldu lalu tuang minyak kelapa remas remas bumbu smpe mengeluarkan air.
  2. . Masukan ayam,ceker sm paha,balur ayam dgn bumbu. Tuang air rebus dgn api sedang kecil, tutup kwali dengan daun pisang yg lebar sampai menutup wajan rebus smpe lunak, tmbhkan air jika dirasa perlu pda saat pemasakan.
  3. Jika ayam sdh matang sisakan kuah tes rasa, jika sdh pas matikan api. Bisa langsung dinikmati / dibakar (ayam dibungkus daun pisang pada saat membakar biar sedep).

Belum lengkap liburan ke Bali kalau belum mencicipi Ayam Betutu. Cara Membuat Resep Ayam Betutu Bumbu Khas Gilimanuk Bali Beserta Tips Cara Membuatnya. Versi resep ayam betutu ini cukup kering dan lebih pedas karena tidak banyak mengandung air. Betutu is balinese Dish of steamed or roasted chicken in rich spice. Ayam Betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam utuh dan diisi dengan bumbu, kemudian cara masaknya dengan dipanggang dalam api sekam.