Resep: Gurame Bakar Manis Gula Aren Enak

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Gurame Bakar Manis Gula Aren. Sedang mencari inspirasi resep gurame bakar manis gula aren yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal gurame bakar manis gula aren yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita. Gula aren adalah gula yang dihasilkan melalui proses penyadapan air nira dari pohon aren (Arenga pinnata Merr). Di samping itu, gula aren juga mengandung serat makanan yang sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan sehingga bisa terhindar dari masalah medis pada sistem pencernaan. Gula aren sendiri terbuat dari nira pohon enau yang diolah secara tradisional dan dicetak dengan batok kelapa.

Gurame Bakar Manis Gula Aren Gula aren biasanya juga diasosiasikan dengan segala jenis gula yang dibuat dari nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon dari keluarga palma, seperti kelapa, aren. Bakar ikan setengah matang, kemudian lumuri kedua sisi bada gurame dengan campuran bumbu. Bakar kembali ikan di atas bara api sedang hingga. Anda bisa membuat Gurame Bakar Manis Gula Aren menggunakan 13 bahan dan 4 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Gurame Bakar Manis Gula Aren

  1. Anda perlu 1 ekor gurame ukuran sedang (-/+ 400 gram).
  2. sediakan Bahan Bumbu Rendam.
  3. Anda perlu 2 siung bawang putih.
  4. Anda perlu 1/2 sdt ketumbar bubuk.
  5. Anda perlu 1 sdm Garam.
  6. Anda perlu secukupnya Air.
  7. Anda perlu Bahan Saus Olesan.
  8. sediakan 1 sdt saus tiram.
  9. siapkan 50 gr gula aren.
  10. Anda perlu 1 sdm mentega.
  11. sediakan 2 lembar daun salam.
  12. sediakan 1 ruas kecil jahe, geprek.
  13. Anda perlu 180 ml air.

Gula aren dipercaya lebih sehat dan aman daripada gula putih, terutama bagi pengidap kencing manis. Mulai dari yang paling umum seperti gula putih, gula merah, sakarin, gula aren, sampai gula jagung. Bahkan setiap jenis pemanis tersebut pun disediakan dalam bentuk yang berbeda-beda. Manfaat gula aren bukan saja dari rasanya yang manis sehingga sering dimanfaatkan untuk bumbu masak.

Langkah langkah membuat Gurame Bakar Manis Gula Aren

  1. Bersihkan gurame dari sisiknya dan jerohannya. Sayat badannya. Karena ikannya masih segar, jd tidak perlu saya baluri perasan jeruk nipis..
  2. Haluskan jadi satu semua bahan rendam. Rendam bolak balik gurame 10 - 15 menit..
  3. Sementara itu bikin sausnya. Didihkan air, langsung masukkan gula aren, jahe, dan daun salam. Aduk sampai gula arennya mencair. Setelah itu masukkan mentega dan saus tiram. AdukĀ² hingga surut dan mengental. Sisihkan..
  4. Bakar bolak balik gurame di atas pembakaran / alat panggang dg api kecil agar matangnya sampai ke dalam. Setelah kecokelatan, oleskan bolak balik saus olesan ke gurame sambil terus dibakar. Oleskan hingga habis sausnya. Angkat, sajikan. Selamat mencoba..

Gula merah ini juga diketahui mengandung banyak Gula aren diperoleh dari pohon aren (Arenga pinnata Merr) melalui proses penyadapan air niranya. Gula aren mempunyai rasa yang manis dan legit. Gula aren rendah kalori sehingga tidak menyebabkan obesitas. Untuk Maag Maag merupakan sebuah gejala yang terjadi di bagian lambung, dimana kondisinya lambung mengalami luka pada dinding lambung. Ya, selain resep gurame saus tiram, resep gurame goreng tepung dan gurame bakar, resep ikan gurame ini memang menjadi salah satu favorite keluarga di Indonesia.