Resep: Gulai ikan mas Lezat

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Gulai ikan mas. Lagi mencari ide resep gulai ikan mas yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal gulai ikan mas yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita. Lihat juga resep Gulai Ikan Salem enak lainnya. Bosen ikan mas digoreng melulu, jadi sekarang coba dimasak gulai. Alhamdulillah suami suka 😊😊 Kalau kurang suka pedas, bisa dikurangi cabai rawitnya atau dicampur dengan cabai merah keriting.

Gulai ikan mas Mula mula Bersihkan ikan, tiriskan dan sisihkan dahulu. Setelah itu masukkan bungo kicuang atau kecombrang kedalam masakan dan diaduk sampai merata, lalu masukkan penyedap rasa serta garam. Masaklah sampai matang dengan sempurna dan bumbu menyerap kedalam kepala ikan, angkat. Anda bisa membuat Gulai ikan mas menggunakan 12 bahan dan 6 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Gulai ikan mas

  1. Anda perlu 2 ekor ikan emas ukuran sedang. Potong 2.
  2. Anda perlu 1 Buah Jeruk nipis.
  3. siapkan 2 batang serai.
  4. sediakan 4 lembar daun salam.
  5. sediakan 3 lembar daun jeruk buang tangkainya.
  6. sediakan Secukupnya daun kemangi.
  7. sediakan 3 siung bawang putih.
  8. Anda perlu 4 siung bawang merah.
  9. Anda perlu 1 ruas kunyit dibakar sedikit.
  10. Anda perlu 3 butir kemiri bakar.
  11. Anda perlu 5 buah cabe merah.
  12. siapkan 1 bgks Santan (me: santan instan :p) campur air agak encer.

Hidangan gulai ikan mas bumbu khas Padang adalah salah satu sajian istimewa yang memiliki cita rasa yang sedap dan lezat. Nah, agar ibu bisa menyajikan hidangan ini dirumah, kita simak resep berikut ini. Ternyata cara membuat gulai ikan kakap tidak sesulit yang kita bayangkan bukan. Selain rasanya yang nikmat dan lezat, resep masakan ikan ini banyak mengandung vitamin dan zat zat penting lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh lho, seperti kalsium, protein, vitamin A, fosfor dan yang lainnya.

Cara memasak Gulai ikan mas

  1. Cuci bersih ikan. Peras jeruk nipis dan taburi garam..
  2. Haluskan bawang merah, putih, kemiri, cabe, kunyit..
  3. Panaskan minyak secukupnya utk menumis bumbu halus. Tumis bumbu halus sampai aromanya keluar dan matang. Masukkan serai yg sudah digeprek, daun salam dan daun jeruk..
  4. Masukkan santan dan aduk supaya santan tidak pecah. Setelah mendidih masukkan ikan..
  5. Kalo ikan sudah masuk jgn diaduk2. Nanti hancur ikannya. Masukkan daun kemangi..
  6. Tunggu hingga ikan matang dan masak dengan api kecil..

Tapi balik rumah jer, buka peti sejuk, ada rupanya ikan talang yang besar seekor dengan tak berusik pun lagi. Entah bila saya membelinya pun tak tahu. Apa lagi terus jer, saya ambik gunting dan potong kecil kecil isi ikan talang dan juga tulang tulangnya. Masak gulai lemak ler kita, jom layan. Anda bisa menggunakan ikan kakap, kerapu, mas, dan lainnya.