Resep: Ikan Bakar Bumbu Kuning Sambal Matah Sempurna

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Ikan Bakar Bumbu Kuning Sambal Matah. Lagi mencari ide resep ikan bakar bumbu kuning sambal matah yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ikan bakar bumbu kuning sambal matah yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita. Gunakan Sambal Matah ini jadi bumbu tambahan untuk ikan bakar Mungkin sekilas mirip dengan Sambal Dabu-dabu dari Manado , namun di antara keduanya tetap memiliki perbedaan. Sambal Dabu-dabu tidak menggunakan serai dan menggunakan tomat yang dipotong-potong, sedangkan Sambal Matah dari Bali ini menggunakan serai dan tidak menggunakan tomat. Setelah itu, lumuri ikan dengan bumbu kuning ikan yg telah dihaluskan.

Ikan Bakar Bumbu Kuning Sambal Matah Request suami untuk menu buka puasa kali ini ikan bakar dengan sambal matah, cek semua bahan ada dirumah langsung eksekusi deh. Bumbunya mantap meresap kedalam ikan👌� Yuk, coba membuat Ikan Bakar Sambal Matah. Sambal matah yang memiliki aroma menyegarkan dan rasa yang unik akan membuat ikan bakar menjadi lebih lezat. Anda bisa membuat Ikan Bakar Bumbu Kuning Sambal Matah menggunakan 18 bahan dan 8 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Ikan Bakar Bumbu Kuning Sambal Matah

  1. siapkan 2 ekor ikan japu.
  2. Anda perlu Bumbu Ikan Bakar.
  3. sediakan 2 siung bawang merah.
  4. sediakan 2 siung bawah putih.
  5. siapkan 1 ruas jahe.
  6. Anda perlu 1 ruas lengkuas.
  7. siapkan 1 ruas kunyit.
  8. siapkan 1 biji kemiri.
  9. Anda perlu secukupnya Garam.
  10. sediakan secukupnya gula.
  11. siapkan secukupnya Lada bubuk.
  12. sediakan secukupnya Air.
  13. siapkan Sambal Matah.
  14. sediakan 15 biji cabai rawit orange.
  15. Anda perlu 1 batang sereh.
  16. sediakan 5 siung bawang merah.
  17. sediakan 2 sdm minyak goreng.
  18. Anda perlu 1 buah jeruk limau.

Yuk Bu, coba buat hidangan ini untuk keluarga. Sajikan dengan sambal matah di atasnya. Sambal Matah: Iris tipis/halus bawang merah, bawang putih, cabe, daun jeruk purut dan serai. Campur terasi goreng/bakar dengan minyak dan aduk hingga rata.

Cara memasak Ikan Bakar Bumbu Kuning Sambal Matah

  1. Bersihkan ikan, buang insangnya dan potong menjadi dua bagian (kepala dan ekor). Sisihkan.
  2. Haluskan bumbu ikan bakar.
  3. Marinasi ikan dengan bumbu yang telah dihaluskan (saya disimpan dikulkas semalam) untuk dibakar pagi hari..
  4. Bakar ikan di teflon anti lengket satu sisi. Setelah satu sisi sudah berubah warna balik ikan hingga matang. Sambil menunggu ikan matang, kita buat sambal matahnya..
  5. Iris-iris cabai, bawang merah, dan sereh..
  6. Lalu tekan-tekan dan siram dengan perasan jeruk limau..
  7. Panaskan minyak, lalu siram irisan tadi dengan minyak panas..
  8. Platting ikan bakar dengan sambal matah. Selamat menikmati. ☺�.

Tak hanya ayam betutu atau sambal matah, traveler harus mencoba ikan bumbu nyat-nyat. Ikan goreng atau bakar berbumbu nyat-nyat itu relatif mudah ditemui di dataran tinggi Batur.. Ikan bakar Jimbaran ini biasanya disajikan dengan sambal matah khas Bali. Cara membuat ikan bakar bumbu Jimbaran sangat mudah, dan bahan-bahannya mudah didapat. Ikan Bakar Bumbu Kuning Sambal Matah #PekanInspirasi #Cookpadcommunity #pekan_bali #cookpadcommunity_bogor.