Resep: Ikan nila bakar dabu-dabu Sempurna

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Ikan nila bakar dabu-dabu. Anda sedang mencari inspirasi resep ikan nila bakar dabu-dabu yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ikan nila bakar dabu-dabu yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita. Lihat juga resep Ikan Nila Bakar enak lainnya. Video ini tentang resep ikan nila goreng sambal DABU DABU.. Renyahnya ikan goreng kembung yang di padu dengan rasa pedas asam khas sambal dabu-dabu pasti akan membuat makan siang Anda semakin nikmat.

Ikan nila bakar dabu-dabu Namun, tidak jarang dalam memasak bingung untuk menentukan menu yang pas. Salah satu menu yang bisa Anda coba ialah menu ikan bakar. Dabu-dabu is a type of hot and spicy condiment commonly found in Manado cuisine of North Sulawesi, Indonesia. Anda bisa membuat Ikan nila bakar dabu-dabu menggunakan 17 bahan dan 2 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat Ikan nila bakar dabu-dabu

  1. siapkan 1 kg ikan nila.
  2. sediakan Bumbu kuning:.
  3. siapkan 7 siung bawang putih.
  4. siapkan 1/2 sdt ketumbar.
  5. Anda perlu 2 buah kemiri.
  6. sediakan 1 ruas kunyit.
  7. siapkan 2 sdt garam/sesuai selera.
  8. Anda perlu Sambal dabu-dabu:.
  9. Anda perlu 6 siung bawang merah.
  10. Anda perlu 10 rawit hijau.
  11. Anda perlu 5 rawit warna-warni.
  12. siapkan 3 buah tomat hijau.
  13. sediakan 1 buah tomat merah.
  14. siapkan 1/2 buah jeruk nipis(hanya ambil air).
  15. sediakan Gula.
  16. sediakan Garam.
  17. siapkan Royco(bisa skip).

Dabu-dabu chopped red chili peppers, bird's eye chili, shallots, red and green tomatoes, and a pinch of salt and sugar. All of the chopped and diced spices are mixed with fresh calamansi juice or locally known as lemon cui or jeruk kesturi; sometimes calamansi is replaced by kaffir lime. Sambal dabu-dabu ini biasanya dibalurkan secara langsung di atas menu makanan yang disajikan seperti ikan, ayam, atau daging sapi. Untuk menemukan sambal dabu-dabu di Manado sangatlah mudah sekali, mengingat hampir setiap warung makan dan restoran di sana menyediakan kuliner dengan taburan sambal dabu-dabu di atasnya.

Cara memasak Ikan nila bakar dabu-dabu

  1. Bahan bumbu kuning diblender halus, kemudian lumuri ikan nila nya dengan bumbu kuning, diamkan 1 jam agar meresap, kemudian panggang di atas teflon dengan sedikit minyak..
  2. Membuat sambal dabu-dabunya cukup simpel, potong potong semua bahan, aduk rata, kucuri dengan jeruk nipis, garam, gula kemudian aduk kembali,saya tidak memakai tambahan minyak lagi di sini, demi pengurangan konsumsi minyak... cicipi sesuai selera😘.

Jika sambal dabu lebih enak dinikmati dengan sajian ikan bakar, goreng, atau seafood. Maka, colo-colo Maluku lebih enak disantap sebagai siraman pada ikan kembung serta nasi kelapanya. Anda bisa mencoba resep sambal colo-colo pedas tersebut di rumah karena bahan yang mudah dicari dan cara membuat yang hampir sama seperti dabu-dabu. Sambal dabu-dabu Sambal dabu-dabu yang berasal dari Manado ini memiliki sensasi rasa pedas yang unik. Campuran irisan tomat, cabai rawit, cabai merah Pada ikan bakar, sambal terasi ini.