Tips Membuat Tempe Bakar/ Bacem Sempurna

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Tempe Bakar/ Bacem. Sedang mencari inspirasi resep tempe bakar/ bacem yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal tempe bakar/ bacem yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita. Ayam, tahu, tempe bakar bumbu bacem. Ayam dan tahu tempe bakar bumbu bacem. Cocok untuk hidangan makan pagi, siang, sore, malem.

Tempe Bakar/ Bacem Apabila Anda sudah bisa membuatnya, pasti tidak akan kesulitan untuk membuat jenis. Resep tempe bacem yang pedas dan yang manis bisa dipelajari dengan memegang kunci utama cara membuat tempe bacem deg mudah. untuk menggunakan resep ini juga tidak terkait waktu anda bisa menggunakannya untuk menu sarapan dan makan malam. Selain digunakan untuk tempe bacem, tempe juga bisa digunakan untuk mendoan. Anda bisa memasak Tempe Bakar/ Bacem menggunakan 15 bahan dan 5 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat Tempe Bakar/ Bacem

  1. sediakan 2 blok tempe (dipotong-potong mengasilkan 16 potong tempe).
  2. sediakan 5 buah cabai rawit.
  3. Anda perlu 5 siung bawang merah.
  4. sediakan 2 siung bawang putih.
  5. siapkan Gula merah 2,5 sdm atau 25 gram.
  6. sediakan 500 mL air.
  7. siapkan 1 sdm Garam.
  8. siapkan 1 sdt ketumbar.
  9. sediakan 1/2 sdt merica.
  10. sediakan Kaldu ayam sedikit saja (optional).
  11. siapkan Bahan Olesan:.
  12. sediakan 3 sdm kecap manis.
  13. siapkan 3 sdm minyak.
  14. sediakan 1 helai daun salam (optional).
  15. Anda perlu 1 helai daun jeruk (optional).

Resep Tempe Bacem, Protein Enak dan Murah Meriah. Simpan ke bagian favorit Tersimpan di bagian favorit. Satu protein nabati pendamping berbagai sajian yang digemari banyak orang adalah tempe bacem. Ini cara membuat tempe bacem untuk dicoba!

Langkah langkah membuat Tempe Bakar/ Bacem

  1. Ulek cabe, bawang merah, bawang putih, gula merah dan ketumbar.
  2. Siapkan panci, isi dengan air, masukkan bumbu halus kemudian panaskan. Masukkan garam, merica dan kaldu. Tunggu hingga mendidih, kemudian cicipi..
  3. Kalau dirasa sudah pas, masukkan tempe. Rebus sampai airnya menyusut. Matikan kompor.
  4. Panggang tempe yang sudah dibumbui tadi. Balik tempe ketika bagian bawah tempe sudah mengering..
  5. Olesi permukaan atasnya dengan bumbu olesan. Tunggu sampai bagian bawah tempe yang lain mengering (bagian yg belum terkena bumbu oles), balik lagi, olesi dengan bumbu oles. Tunggu sampai matang (warnanya coklat agak gosong gitu di beberapa bagian).

Bagi yang berasal dari Jogja atau pernah tinggal di daerah sekitarnya dan Jawa Tengah pasti tak asing dengan menu ini. Memiliki tampilan khas berwarna coklat gelap dan rasa manis yang legit, sajian bacem ini tak pernah membosankan. Dinikmati bersama nasi sayur lodeh, pecel, gudeg, sop, bahkan dicemil begitu saja juga nikmat! Apabila sudah matang, tempe bacem Jawa pun siap untuk dihidangkan. Resep Tempe Bacem Manis Gurih Resep Tempe Bacem.