Tips Membuat Ayam Kampung Bakar Bumbu Rujak Lezat

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Ayam Kampung Bakar Bumbu Rujak. Sedang mencari inspirasi resep ayam kampung bakar bumbu rujak yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam kampung bakar bumbu rujak yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita. Kalau melihat tampilannya, resep ayam bakar bumbu rujak ini memang mirip dengan resep ayam bumbu bali yang dibakar karena memang keduanya didominasi warna Untuk ayam yang digunakan sangat disarankan memakai ayam pejantan atau ayam kampung karena dagingnya lebih gurih. Cara Membuat Ayam Bumbu Rujak Jawa Timur: Haluskan bumbu rujak sesuai yang tertera, mulai dari cabai keriting, cabai rawit, terasi udang Bakar ayam dengan arang. Sambil dibakar, balurkan bumbu rujak yang mengental itu ke seluruh bagiannya.

Ayam Kampung Bakar Bumbu Rujak Mau dimakan bersama kuahnya alias masih bernama "Ayam Bumbu Rujak", rasanya sudah sedap. Bagi anda yang ingin mencoba variasi lain Ayam Panggang atau Ayam Bakar Nusantara silahkan coba. Resep Ayam Bumbu Rujak - Kini, sudah banyak variasi makanan yang diolah dari ayam, salah satunya adalah ayam bumbu rujak. Anda bisa membuat Ayam Kampung Bakar Bumbu Rujak menggunakan 12 bahan dan 8 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Ayam Kampung Bakar Bumbu Rujak

  1. Anda perlu 1 ekor ayam kampung.
  2. sediakan 10 siung bawang putih.
  3. sediakan 2 buah cabe merah.
  4. Anda perlu 9 buah cabe rawit.
  5. siapkan 6 butir kemiri.
  6. siapkan 1/4 buah kelapa parut.
  7. Anda perlu 5 lembar daun salam.
  8. siapkan 3 lembar daun jeruk.
  9. Anda perlu 1 ruas jahe.
  10. siapkan 1 ruas kunyit.
  11. Anda perlu secukupnya Garam.
  12. siapkan secukupnya Gula merah.

Sebenarnya, bumbu rujak tidak hanya dipadukan dengan ayam saja, namun juga bisa anda padukan dengan ikan bakar, bebek bakar, dan lain-lain. Kedua, bumbu rujak — banyak orang langsung mengasosiasikannya dengan bumbu rujak buah. Padahal sebetulnya sama sekali berbeda dengan Pertama, bakar ayam tapi tidak perlu hingga matang. Bisa dipastikan hampir tiap orang suka dengan masakan berbahan ayam.

Cara memasak Ayam Kampung Bakar Bumbu Rujak

  1. Panggang ayam kampung sampai matang.
  2. Haluskan semua bumbu kecuali jahe, daun salam dan daun jeruk.
  3. Sangrai bumbu tersebut hingga harum (kalau bisa sampai keluar sedikit minyak).
  4. Masukkan jahe, daun salam dan daun jeruk.
  5. Tambahkan air secukupnya.
  6. Masukkan ayam. Tutup. Dan tunggu hingga asat airnya..
  7. Bumbui dengan gula merah dan garam.
  8. Taburi dengan bawang merah goreng. Makanan siap dihidangkan!.

Ayam dengan kuah bumbu rujak yang kental mungkin sudah pernah Anda coba. Bagaimana dengan ayam bakar dengan bumbu rujak? Rasanya juga sama lezatnya, namun semakin menggoda karena berpadu dengan aroma bakaran yang khas. Namun citarasa ayam bakar bumbu rujak setelah matang akan ini lebih terasa enak dan lebih gurih juga manis karena bumbu ayam bakar memang lebih komplit. Disamping itu kita juga memakai santan kental dan dicampur air kelapa sehingga aroma gurihnya tercium meski belum mencicipinya.