Resep: Ikan Bakar Patin Khas Banjarmasin Enak

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Ikan Bakar Patin Khas Banjarmasin. Sedang mencari inspirasi resep ikan bakar patin khas banjarmasin yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ikan bakar patin khas banjarmasin yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita. Satu lagi makanan khas Banjarmasin yang wajib banget Anda coba, yakni Patin Baubar. Ini adalah potongan ikan patin yang dibakar. Namun, rasa patin bakar ini berbeda karena bumbu-bumbu yang dipakai pada Patin Baubar ini sangat banyak.

Ikan Bakar Patin Khas Banjarmasin Resep Ikan Bakar Patin Khas Banjarmasin. Qadarullah suami saya orang Banjarmasin, ketika berkunjung kesana suami selalu mengajak makan di tempat makan langganannya. Agar saya mencicipi dan bisa coba untuk bikin di rumah ikan bakar dengan bumbu khas Banjarmasin. Anda bisa membuat Ikan Bakar Patin Khas Banjarmasin menggunakan 21 bahan dan 5 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Ikan Bakar Patin Khas Banjarmasin

  1. sediakan 1 ekor ikan patin ukuran sedang (potong2).
  2. Anda perlu 1 buah jeruk nipis.
  3. sediakan 1 bungkus santan instan (Kara).
  4. sediakan 1 sdm air asam jawa.
  5. Anda perlu Secukupnya garam.
  6. Anda perlu Secukupnya penyedap.
  7. Anda perlu Secukupnya kecap manis.
  8. Anda perlu Bumbu Halus:.
  9. Anda perlu 8 buah cabai merah.
  10. siapkan 7 siung bawang merah.
  11. siapkan 3 siung bawang putih.
  12. sediakan 3 butir kemiri.
  13. Anda perlu 2 cm kunyit.
  14. sediakan 1/2 sdt ketumbar.
  15. Anda perlu 3 cm jahe.
  16. sediakan Bumbu Cemplung:.
  17. sediakan 2 lembar daun salam.
  18. Anda perlu 2 lembar daun jeruk.
  19. sediakan 1 batang serai (digeprek).
  20. siapkan 1/2 bulat gula jawa (diiris tipis).
  21. Anda perlu 3 cm lengkuas (digeprek).

Hihihi Ikan Bakar Patin Khas Banjarmasin Qadarullah suami saya orang Banjarmasin, ketika berkunjung kesana suami selalu mengajak makan di tempat makan langganannya. Agar saya mencicipi dan bisa coba untuk bikin di rumah ikan bakar dengan bumbu khas Banjarmasin. Sudah jadi satu gerai makan paling populer di Banjarmasin dimana Rumah Makan Sari Patin tentu berhasil menyajikan meni kuliner ikan bakar khas yang tak pernah bisa dilupakan pecinta kuliner. Ikan patin bakar dan goreng hingga diolah menjadi sop adalah menu paling banyak dikonsumsi.

Langkah langkah membuat Ikan Bakar Patin Khas Banjarmasin

  1. Marinasi ikan patin yg sudah di potong2 dengan garam dan perasan jeruk nipis. Kasih air secukupnya dan diamkan selama 5 menit..
  2. Tumis bumbu yg sudah dihaluskan, lalu masukkan bumbu cemplung yaitu: daun salam, daun jeruk, sereh, dan lengkuas yg sudah di geprek. Tumis hingga harum dan matang..
  3. Selanjutnya tambahkan sedikit air, secukupnya kecap manis, serta tambahkan gula jawa, air asam jawa, gula, garam, dan penyedap rasa. Aduk hingga merata. Setelah mendidih masukkan santan instan. Jangan lupa untuk koreksi rasa terlebih dahulu..
  4. Sebelum matikan kompor, masukkan ikan patin. Aduk semua agar bumbunya merata diseluruh ikan patin. Setelah itu taruh di sebuah wadah..
  5. Panggang ikan patin yg sudah dilumuri bumbu, bisa menggunakan teflon, happy call atau alat bakar lainnya. Disini saya menggunakan Air Fryer. Panggang ikan patin sampai matang sambil dibolak balik dan diolesi bumbu..

Ikan Bakar Patin Khas Banjarmasin Qadarullah suami saya orang Banjarmasin, ketika berkunjung kesana suami selalu mengajak makan di tempat makan langganannya. Agar saya mencicipi dan bisa coba untuk bikin di rumah ikan bakar dengan bumbu khas Banjarmasin. Berkunjung saja ke Ikan Bakar Haji Fauzan dimana, banyak pengunjung dari luar Kalimantan berkunjung ke tempat ini. Seperti namanya bila tempat ini memiliki berbagai macam olahan ikan yang sangat banyak dan beragam. Seperti udang gala, cumi-cumi, ikan gabus, ikan nila, ikan patin, dan masih banyak lagi.