Tips Memasak Nasi Bakar Tongkol Suir Enak

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Nasi Bakar Tongkol Suir. Lagi mencari inspirasi resep nasi bakar tongkol suir yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi bakar tongkol suir yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita. Buat nasi bakar tongkol yang super lezat dengan resep ini. Semakin gurih karena menggunakan nasi liwet. Yuk, buat sendiri nasi bakar ikan tongkol untuk keluarga atau acara di rumah.

Nasi Bakar Tongkol Suir Biar bumbu di dalamnya matang secara sempurna. Kemudian tumis hingga keluar aroma yang harum. Disusul dengan ikan tongkol yang dagingnya disuir-suir terlebih dahulu. Anda bisa memasak Nasi Bakar Tongkol Suir menggunakan 16 bahan dan 6 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat Nasi Bakar Tongkol Suir

  1. sediakan Daun Pisang.
  2. Anda perlu Nasi gurih:.
  3. sediakan 2,5 canting nasi.
  4. sediakan 1 bungkus kara.
  5. sediakan 2 lembar daun salam.
  6. sediakan 1 batang serai.
  7. sediakan Bahan isian:.
  8. sediakan 400 gr Ikan Tongkol.
  9. sediakan Kemangi.
  10. sediakan Bumbu Isian:.
  11. sediakan 5 Siung bawang merah.
  12. siapkan 2 siung bawang putih.
  13. siapkan 8 cabai keriting.
  14. siapkan 5 cabai rawit.
  15. sediakan Terasi (Secukupnya).
  16. Anda perlu 1 lembar daun jeruk.

Cara membuat nasi bakar tongkol, juga tidak jauh berbeda dengan teri dan pete. Bersihkan ikan tongkol dan goreng setengah matang. Setelah itu suir ikan tongkol dengan ukuran sesuai selera. Olahan Nasi yang di bungkus dengan daun pisang yang di bakar dan isian tumisan ikan tongkol yang lezat ini sangat cocok di nikmati dengan lalapan dan sambal pedas!

Langkah langkah membuat Nasi Bakar Tongkol Suir

  1. Siapkan nasi gurih menggunakan serai geprek,daun salam dan santan kara.
  2. Laku, goreng ikan tongkol hingga setengah matang dan di suir.
  3. Masak bumbu halus sambalnya hingga matang,beri sedikit air,lalu masukkan tongkol suirnya hingga meresap dan tidak ada airnya lagi,jangan lupa tes rasa ya bundaa.
  4. Siapkn daun pisang yang telah di lap bersih,.
  5. Bingkus nasi menggunakan daun pisang dengan porsi sedang,letakkan tongkol suir di atas nasi dan jangan lupa beri daun kemanginya.
  6. Lalu bakar hingga daun pisang terlihat layu dan tercium bau wangi kemanginya,angkat dan hidangkan.

Masukkan bumbu halus dan tumis kemudian masukan ikan tongkol yang telah di suir dan tambahkan air sedikit. Resep Nasi Bakar - Nasi bakar merupakan makanan sederhana yang mampu menarik perhatian untuk dicicipi, selain kesan alaminya yang kuat karena menggunakan daun pisang untuk membungkusnya, aroma hangus dari daun pisang yang terbakar juga mampu menambah kenikmatan. Olahan nasi dengan aroma rempah kemangi yang menggugah selera dapat anda nikmati dengan isi ikan , yuk coba nasi bakar isi tongkol. Ikan tongkol yang kaya akan manfaat kesehatan kini dapat diolah menjadi makanan yang menigkatkan selera makan. Lauk praktis kekinian Tongkol Suir Temurui yang enak dan pastinya ngangenin lho.