Cara mudah Membuat Nasi Bakar Tongkol Suir Sempurna

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Nasi Bakar Tongkol Suir. Anda sedang mencari ide resep nasi bakar tongkol suir yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi bakar tongkol suir yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita. Tongkol suwir bumbu ini adalah lauk sapu jagad. Bisa dimakan sama nasi kuning, isian nasi bakar, isian lemper, isian roti goreng atau dimakan pake nasi putih anget juga udah nikmat banget. Di resep ini sya ga pake cabe karena mau untuk lauk anak.

Nasi Bakar Tongkol Suir Resep Nasi Bakar Tongkol Suir favorit. Bikin nagih sih 🤤 Siapkan daun pisang, kemudian letakkan nasi dan tongkol suwir di atasnya. Letakkan nasi bakar yang telah dibungkus di atas teflon, bakar sampai berwarna kecokelatan. Anda bisa membuat Nasi Bakar Tongkol Suir menggunakan 24 bahan dan 4 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat Nasi Bakar Tongkol Suir

  1. sediakan 250 grm beras.
  2. sediakan 500 grm ikan tongkol (bakar, suir).
  3. sediakan 600 ml santan cair.
  4. siapkan 1 sdt Garam.
  5. siapkan 1 bawang merah.
  6. siapkan 1 bawang putih.
  7. Anda perlu 2 lbr daun jeruk.
  8. Anda perlu 2 btng serai.
  9. Anda perlu 1 daun salam.
  10. Anda perlu Daun pisang.
  11. Anda perlu Lidi.
  12. siapkan Bumbu halus.
  13. siapkan 3 siung bawang merah.
  14. siapkan 2 siung bawang putih.
  15. Anda perlu 2 cabe merah.
  16. sediakan 5 cabe rawit.
  17. Anda perlu 2 kemiri.
  18. sediakan 1 sdt kunyit bubuk.
  19. Anda perlu 1 cm jahe.
  20. Anda perlu 1 cm lengkuas.
  21. Anda perlu Pelengkap.
  22. Anda perlu Timun.
  23. siapkan Tahu goreng.
  24. sediakan Sosis goreng.

Wah, nasi bakar tongkol suwir pedas bisa dijadikan bekal ke kantor atau ke sekolah, nih! Lihat juga resep Nasi bakar ikan tongkol kemangi enak lainnya! Masukkan bumbu halus dan tumis kemudian masukan ikan tongkol yang telah di suir dan tambahkan air sedikit. Bumbui dengan garam , lada dan gula.

Langkah langkah membuat Nasi Bakar Tongkol Suir

  1. Cuci beras, masak di ricecooker dengan menggunakan santan sebagai pengganti air, tambah sedikit garam, rajang bawang merah, bawang putih, daun jeruk dan daun salam. Aduk sekali2 hingga nasi masak..
  2. Tumis bumbu halus, masukkan serai dan daun salam. Tambahkan tongkol suir kemudian masak hingga kering..
  3. Ambil 3 sendok nasi, letakkan di atas daun pisang isi dengan tongkol, kemudian bungkus dan sematkan dengan lidi..
  4. Bakar nasi yang telah di bungkus daun pisang di atas teflon/panggangan kurang lebih 25 menit dengan api kecil. Angkat dan hidangkan..

Bungkus dengan cara melipat dan menyematkan lidi pada kedua ujung daun. Panggang nasi bungkus daun pisang dan bakar dengan cara di atas bara api. Setelah matang, sajikan di atas piring. Agar resep nasi bakar Anda lebih lengkap dan sempurna, sajikan bersama tempe goreng dan kerupuk. Nasi Bakar Ayam Suwir Kemangi - Nasi bakar atau yang tekenal dengan sebutan nasbak merupakan salah satu masakan khas Indonesia yang sering dijumpai dimana saja, terutama Pulau Jawa.