Resep: Ayam Bakar Kalasan Lezat

Temukan berbagai macam resep masakan yang enak, murah dan lezat

Resep Ayam Bakar Kalasan. Anda sedang mencari inspirasi resep ayam bakar kalasan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam bakar kalasan yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita. Resep Ayam Bakar Kalasan enak dan mudah untuk dibuat. Di sini ada cara membuat yang jelas dan Mendengar kata Kalasan sebagian orang langsung kebayang ayam bakarnya yang terkenal. Resep Ayam Bakar Kalasan Dengan Bumbu Spesial Beserta Tips Cara Membuat Bumbu Ayam Bakaran Yang Lezat dan Bikin Ketagihan Bisa Dijual Kembali.

Ayam Bakar Kalasan Resep Ayam bakar khas Kalasan, masakan favorite dengan bumbu rempah yang unik. Ciri tekstur empuk bercitarasa kukuruyuk ini dapat Anda buat dengan intuisi. Lihat juga resep Ayam Goreng Kalasan enak lainnya. Anda bisa membuat Ayam Bakar Kalasan menggunakan 22 bahan dan 10 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Ayam Bakar Kalasan

  1. sediakan 1 kg ayam potong.
  2. Anda perlu 1 buah jeruk nipis.
  3. sediakan 1/2 sdt garam halus.
  4. siapkan 4 lembar daun salam.
  5. sediakan 4 lembar daun jeruk.
  6. siapkan 1,5 sdt lada bubuk.
  7. sediakan 1,5 sdt kaldu jamur.
  8. Anda perlu 5 sdm kecap manis.
  9. sediakan 1 buah jeruk limau.
  10. siapkan 500-600 ml air kelapa (bisa kurang).
  11. siapkan 2 sdt garam.
  12. Anda perlu secukupnya margarin untuk olesan.
  13. siapkan 👉 bumbu yang dihaluskan :.
  14. Anda perlu 10 siung bawang merah.
  15. Anda perlu 5 siung bawang putih.
  16. Anda perlu 8 butir kemiri (sangrai).
  17. siapkan 1 sdm gula merah.
  18. Anda perlu 1 potong jahe.
  19. Anda perlu 👉 pelengkap :.
  20. siapkan nasi.
  21. Anda perlu sambal tomat.
  22. siapkan lalapan : timun, tomat, terong hijau bulat, daun selada.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam mengolah ayam bakar utuh kalasan adalah. Selain soto ayam kalasan, ayam bakar kalasan juga tidak kalah menjadi primadona yang paling sering di cari ketika berlibur ke daerah Yogyakarta. Pasalnya ayam bakar kalasan ini memiliki rasa. Mendengar kata Kalasan sebagian orang langsung kebayang ayam bakarnya yang terkenal kelezatannya, yaitu resep ayam bakar kalasan.

Cara memasak Ayam Bakar Kalasan

  1. Cuci bersih ayam....lalu beri air jeruk nipis dan 1/2 sdt garam aduk rata, lalu diam kan 15 menit....kemudian bilas ayam dan sisihkan..
  2. Siapkan bumbu yang akan dihaluskan....lalu diulek atau blender...jika menggunakan blender, beri sedikit saja air agar memudahkan proses menghaluskannya..
  3. Siapkan juga bahan dan bumbu lainnya....daun jeruknya hasil metik sendiri dari pot pohon jeruk purut di depan rumah �.
  4. Bumbu yang sudah halus di masukkan ke dalam wajan (tanpa api kompor).... beri kecap manis, lada bubuk, kaldu jamur dan garam lalu aduk aduk rata....masukkan potongan ayamnya (ayam diberi keratan agar bumbu lebih mudah meresap) aduk aduk rata sampai ayam terlumuri bumbu..
  5. Diamkan ayam yang terlumuri bumbu selama 30 menitan..
  6. Lalu nyalakan api kompor dan ayam dalam wajan diberi daun salam serta daun jeruk yang dicabik cabik atau dibuang tulang daunnya....aduk aduk rata sampai ayam cukup berubah warna..
  7. Lalu tuang air kelapa dan aduk rata...agar ayam cepat matang maka wajan bisa ditutup..
  8. Bila air sudah menyusut atau hampir asat maka ayam diberi perasan jeruk limau....aduk aduk rata lalu matikan api kompor...harus ada sisa kuah bumbu untuk olesan ketika ayam di bakar..
  9. Siapkan pembakaran wajan teflon/grill pan lalu olesi margarin...setelah panas letakkan potongan ayamnya, olesi ayam dengan sisa bumbu dan jika suka bisa diberi kecap manis sedikit.....bulak balik ayam agar rata hasil bakarannya..
  10. Hidangkan Ayam bakar kalasan nya dengan pelengkap nasi, sambal tomat dan lalapan......enaak 😊.

Ya memang daerah Kalasan selain merupakan. Ayam Bakar Asli Kalasan dengan bumbu spesial menciptakan rasa yang enak dan lezat. Dari aromanya saja ayam bakar kalasan ini sangat menggoda selera. Ayam bakar khas Kalasan. foto: Instagram/@siska_dewi_lestari. Restoran ini menyediakan ayam bakar, ayam kampung bakar, kami juga menerima untuk pesanan nasi box, untuk acara.